Doa untuk kebaikan seluruh umat Islam

  • 0

Doa untuk kebaikan seluruh umat Islam

Di antara sifat malaikat adalah senantiasa bertasbih, bertahmid, bertakbir, bertahlil, dan berdzikir kepada Allah tanpa pernah mengenal lelah. Selain itu, malaikat senantiasa mendoakan kebaikan untuk orang-orang mukmin.

Di dalam Al-Qur’an, Allah SWT mengisahkan doa para malaikat pemikul ‘Arsy dan para malaikat di sekitar ‘Arsy untuk orang-orang mukmin di bumi. Mereka berdoa,

رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَحْمَةً وَعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِينَ تَابُوا وَاتَّبَعُوا سَبِيلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ الْجَحِيمِ (7) رَبَّنَا وَأَدْخِلْهُمْ جَنَّاتِ عَدْنٍ الَّتِي وَعَدْتَهُمْ وَمَنْ صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ (8) وَقِهِمُ السَّيِّئَاتِ وَمَنْ تَقِ السَّيِّئَاتِ يَوْمَئِذٍ فَقَدْ رَحِمْتَهُ وَذَلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ (9)

“Ya Rabb kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala!

Ya Rabb kami, dan masukkanlah mereka ke dalam surga Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang yang saleh di antara bapak-bapak mereka, istri-istri mereka, dan anak keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Dan peliharalah mereka dari (balasan) kejahatan. Dan orang-orang yang Engkau pelihara dari (pembalasan) kejahatan pada hari itu, maka sesungguhnya telah Engkau anugerahkan rahmat kepadanya dan itulah kemenangan yang besar.” (QS. Al-Mu’min [40]: 7-9)

Dalam ayat-ayat yang mulia di atas, para malaikat yang memiliki kedudukan mulia dan didekatkan kepada Allah (muqarrabun) berdoa kepada Allah dengan memuji dan mengagungkan kesempurnaan ilmu dan keluasaan rahmat Allah. Rahmat Allah lebih luas dari dosa-dosa orang mukmin dan ilmu Allah meliputi semua lintasan pikiran, gerak hati, ucapan, perbuatan, diam dan gerak mereka.

Para malaikat memohon kepada Allah agar mengaruniakan 4 hal kepada orang-orang mukmin di muka bumi, yaitu:

Ampunan bagi orang-orang mukmin yang bertaubat dan mengikuti jalan Allah dengan melaksanakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya.

Perlindungan bagi orang-orang mukmin dari siksa api neraka.

Permohonan memasukkan orang-orang mukmin, orang tua mereka, istri-istri mereka, dan anak-anak mereka yang shalih ke dalam surga Adn.

Menjauhkan mereka dari perbuatan-perbuatan buruk di dunia. Siapa menjauhi perbuatan buruk di dunia, niscaya Allah akan melindunginya dari balasan yang buruk pada hari kiamat.
(Tafsir Ibnu Katsir, 7/131-132)

Saudara seiman dan seislam, sudah selayaknya apabila kita sering membaca doa yang agung ini. Insya Allah, dengan mendoakan kebaikan bagi orang-orang beriman, kita akan mendapatkan balasan yang setimpal.


Leave a Reply

Pencarian

Artikel Terbaru

Umroh Sejarah 2016 – 2017

Umroh 
Sejarah 2016 2017

Umroh Arbain 16 Hari

Umroh Arbain

Umroh Dauroh Quran 2017

Umroh Dauroh Quran 2017

Jadwal Umroh 2016-2017

Umroh 
Semarang 2016-2017