Kapan Ramadhan 2012

  • 0
bulan sabit atau hilal penanda  bulan baru memasuki bulan ramadhan

Kapan Ramadhan 2012

Ramadhan ( رمضان )  adalah bulan Puasa bagi umat Islam atau Muslim di seluruh dunia, dimana ummat Islam menahan makan, minum, nafsu amarah, dan melakukan hubungan suami-istri dari fajar terbit hingga matahari terbenam. Pada Bulan Ramadhan ini pula umat Muslim memperbanyak amalan ramadhan, diantaranya, shalat tarawih pada malam hari, tadarruz al-Qur’an (membaca kita suci Quran), menunaikan zakat fitrah pada minggu-minggu terakhir puasa.

 

Ramadhan 2012

Bulan Ramadhan merupakan bulan ke- 9 menurut kalender Islam atau Hijriyah, bulan paling suci dalam kalender Islam. Di seluruh dunia, Ramadhan 2012 juga dikenal sebagai Ramadhan 2012, Ramadhan Mubaraq 2012, Ramadhan 2012, Puasa 2012, atau bulan Ramadhan 1433 H.

Ramadhan  adalah bulan puasa bagi umat islam, di mana umat Islam di seluruh dunia mengamalkan perintah Allah, dimana ummat menahan secara selama 1 bulan penuh, yakni menahan diri dari makan, minum, nafsu amarah dan berhubungan suami istri di siang hari.

Hukum Berpuasa Pada Bulan Ramadhan

Dalil-dalil atau hukum yang menunjukan kewajiban berpuasa pada bulan Ramadhan antara lain: Surah Al-Baqarah 2:183:

يَاأَيُّهَاالَّذِيْنَ آمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَمِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ.

Artinya:

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu shaum sebagaimanadiwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Batasan Puasa pada bulan Ramadhan dijelaskan Allah SWT pada firmannya dalam Surah Al-Baqarah 2:184, yang artinya:

“(yaitu)dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barang siapa di antara kalian ada yangsakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya shaum)sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagiorang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak shaum) membayarfidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaanhati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan shaumlebih baik bagi kalian jika kalian mengetahui.”

Adapun dasar hukum lainnya dalam berpuasa pada bulan Ramadhan, adalah: Surah Al-baqarah 2:185 yang artinya:

“(Beberapa hari yang ditentukan ituialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’ansebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itudan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa diantara kalian hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklahia shaum pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu iaberbuka), maka (wajiblah baginya shaum), sebanyak hari yang ditinggalkannyaitu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagi kalian, dantidak menghendaki kesukaran bagi kalian. Dan hendaklah kalian mencukupkanbilangannya dan hendaklah kalian mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yangdiberikan kepada kalian, supaya kalian bersyukur.”

Dan masih banyak lagi firman Allah SWT serta hadis-hadis shahih Muhammad SAW tentang kewajiban berpuasa pada bulan Ramadhan.

Kapan Ramadhan 2012?

Ramadhan 2012 diperkirakan (secara resmi akan diputuskan dengan cara hisab atau rukyat) akan dimulai pada tanggal 1 Ramadhan 1433 H atau bertepatan dengan Jum’at, 20 Juli 2012, dan akan berakhir pada hari Sabtu 19 Agustus 2012.  Hari pertama Ramadhan 2012 akan di putusan oleh otoritas Islam atau dalam hal ini Departemen Agama Republik Indonesia, begitupun hari terakhir puasa akan dilakukan pula hisab atau rukyat. Hari setelah Ramadhan 2012 akan dirayakan sebagai Idul Fitri 2012, atau disebut dengan nama yang berbeda sesuai dengan bahasa lokal, seperti Lebaran 2012, Idul Fitri 2012, Hari Raya 2012, atau Hari Raya Puasa 2012 . Pada hari raya idul Fitri 2012 atau dalam penanggalan Hijriyah adalah Idul fitri 1433 H, dikenal sebagai hari Suci atau hari raya Ummat Islam sedunia, dimana seluruh ummat Islam akan melaksanakan shalat Ied 2 rakaat pada tanggal 1 Syawal 1433 h atau bertepatan dengan hari Ahad 20 Agustus 2012 (masih perkiraan). Setelah umat Islam akan saling mendatangi untuk bersilaturrahmi untuk saling maaf memaafkan, pada hari ini biasa dihidangkan makanan yang enak-enak, antara lain Ketupat, opor ayam, Buras dan kue-kue lebaran.


Leave a Reply

Pencarian

Artikel Terbaru

Umroh Sejarah 2016 – 2017

Umroh 
Sejarah 2016 2017

Umroh Arbain 16 Hari

Umroh Arbain

Umroh Dauroh Quran 2017

Umroh Dauroh Quran 2017

Jadwal Umroh 2016-2017

Umroh 
Semarang 2016-2017