Membuka Pintu Rejeki

  • 0

Membuka Pintu Rejeki

Betapa banyak kita berasumsi bahwa kunci rezeki hanya dari bekerja dan bekerja. Padahal kunci rezeki sangatlah banyak dan Allah yang Maha Memberi Rezeki telah menjelaskannya dalam kitabullah dan sunnah NabiNya yang mulia. Jika kita sejenak mau mempelajari dan merenungi kitabullah dan sunnah akan kita dapati kunci-kunci rezeki bagi umat islam. Simak ulasannya kunci-kunci rezeki menurut kitabullah dan sunnah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam yang wajib diketahui para pengusaha muslim.
Kunci-kunci rezeki dan sebab-sebab datangnya yang paling penting, yang dimohon turunnya rezeki dari Allah ta’ala adalah:
1. Istigfar dan taubat kepada Allah ta’ala dari segala dosa:
Firman Allah SWT tentang Nabi Nuh ‘alaihissalam:

“…Maka aku katakan kepada mereka: “Mohonlah ampun kepada Rabbmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun” * niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, * dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh: 10-12).
Firman Allah SWT tentang Nabi Hud ‘alaihissalam:

“Dan (dia berkata): “Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Rabbmu lalu tobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa.” (QS. 11: 52).
2. Berpagi-pagi dalam mencari rizqi:
Semestinya berpagi-pagi dalam mencari rizqi, berdasarkan sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam:

“Ya Allah, berilah berkah untuk umatku di pagi harinya.”
(HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi; Shahih/ HR. Abu Daud No. 2606, Shahih Sunan Abu Daud No. 2270, dan At-Timridzi No. 1212, Shahih Sunan At-Tirmidzi No. 968)
3. Doa:
Allah ta’ala berfirman:

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasannya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran”. (Q.S Al-Baqarah 186)

“‘Isa putera Maryam berdo’a: “Ya Tuhan kami, turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu bagi orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau, beri rizkilah kami, dan Engkau-lah Pemberi rizki Yang Paling Utama.” (Q.S Al-Maaidah 114).
4. Bertaqwa kepada Allah SWT:
Firman Allah ta’ala :

“Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar. * Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangkasangkanya..”
(QS. Ath-Thalaaq: 2-3).

“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (QS. Al-A’raaf: 96).
Simak kunci-kunci rezeki di ulasan berikutnya :

  1. Menjauhi maksiat
  2. Tawakkal kepada Allah
  3. Khusyu’ Ibadah
  4. Meneruskan di antara Haji dan Umrah
  5. Berinfaq fii sabilillah
  6. Berinfak kepada orang yang mengkhususkan diri untuk menuntut ilmu syari’at
  7. Silaturrahim
  8. Memuliakan orang-orang lemah dan berbuat baik kepada mereka
  9. Hijrah fi sabilillah

Sumber:
Ringkasan Fiqih Islam (4) bab Muamalah karya Syaikh Muhammad bin Ibrahim At-Tuwaijri, telah diterjemahkan oleh Team Indonesia islamhouse.com.


Leave a Reply

Pencarian

Artikel Terbaru

Promo Umroh Dahsyat 2018

Promo Umroh Saibah 2017-2018

Jadwal Umroh 2017-2018