Umroh Plus Turki 2013

  • 0

Umroh Plus Turki 2013

Letaknya di benua Asia dan Eropa menjadikan Turki negara yang kaya akan budaya dan tempat-tempat bersejarah yang unik. Eksotisme Asia dipadu dengan kemegahan Eropa nan anggun merupakan daya tarik luar biasa bagi para penikmat wisata dari seluruh penjuru dunia. Berikut ini adalah beberapa atraksi fantastis yang dapat ditemui di sana :

Istana Topkapi

Istana Topkapi adalah tempat tinggal para Sultan Ottoman selama kurang lebih 400 tahun. Istana megah ini terletak di suatu puncak bukit di Istanbul, kota terpenting di Turki. Saat ini menjadi salah satu atraksi wisatawan yang paling diminati. Di dalamnya tersimpan sejumlah relik suci Islami, termasuk jubah dan pedang nabi Muhammad.

Istana ini dibangun atas perintah Sultan Mehmed II, dimulai pada tahun 1459. Selama berabad-abad kompleks istana ini mengalami ekspansi. Terdapat empat halaman utama dan beberapa bangunan kecil seperti mesjid, rumah sakit, toko roti, dan tempat pembuatan koin di dalamnya. Konon istana ini pernah menampung empat ribu orang.

Setelah masa kekaisaran Ottoman berakhir pada 1921, istana Topkapi dijadikan museum oleh pemerintah Turki. Ratusan ruangan dapat dilihat oleh para wisatawan untuk menikmati arsitektur yang didominasi gaya Timur Tengah, koleksi porselen, senjata, kitab-kitab Islami, mural, lukisan, serta perhiasan peninggalan Ottoman. Istana Topkapi telah diresmikan menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO pada 1985.

Museum Terbuka Goreme

Museum terbuka Goreme terletak di Cappadocia, wilayah Turki yang terkenal akan kota bawah tanahnya. Museum ini adalah suatu kompleks biara yang luas dengan beberapa gereja yang dibangun dari bebatuan terbaik di wilayah tersebut. Setiap gereja dihiasi dengan lukisan dinding yang sangat memukau yang keaslian warna warninya masih bertahan hingga saat ini.

Situs warisan dunia yang terdaftar di UNESCO pada 1984 ini memiliki beberapa gereja dan kapel dari abad ke-10, 11, dan 12, yang terpenting di antaranya adalah :

• Gereja St. Barbara, yang dinding dan kubahnya dihiasi dengan lukisan hewan-hewan mitos dan simbol-simbol militer
• Gereja Elmali, dihiasi dengan lukisan yang menggambarkan kisah-kisah dari alkitab dan kehidupan Yesus
• Gereja Carikli, memiliki empat kubah dan dihiasi dengan lukisan dinding yang menggambarkan kehidupan Yesus, Abraham, dan para orang suci. Satu hal yang membuat gereja ini sangat istimewa adalah gambar tentang kisah Jalan Salib yang terdapat di sana.

Di antara sejumlah gereja bebatuan di Cappadocia, gereja Tokali yang memiliki lukisan yang menggambarkan kisah hidup Yesus paling lengkap.

Mausoleum Ataturk

Mausoleum yang disebut juga Anıtkabir (makam memorial) merupakan makam Mustafa Kemal Ataturk, pemimpin perang kemerdekaan Turki sekaligus pendiri dan president pertama Turki. Mulai dibangun pada 1941 di Ankara dan rampung pada tahun 1953.

Terdapat empat bagian utama di Anitkabir, yaitu :

1. Jalan Singa (Road of Lions)

Jalur pejalan kaki sepanjang 262 meter menuju monumen yang pada sisi kiri kanannya dipagari oleh 12 pasang patung singa. Singa-singa ini mewakili Anatolia, yang menggambarkan kekuasaan dan kedamaian.

2. Alun-alun (Ceremonial Plaza)

Terletak di ujung Jalan Singa, area seluas 10.800 m2 ini dibangun sebagai tempat diselenggarakannya berbagai perayaan. Lantainya ditutup karpet khas Turki, mampu menampung 15.000 orang.

3. Aula Kehormatan (Hall of Honor)

Aula ini merupakan ikon Anitkabir sekaligus lokasi makam Ataturk. Jenasah Ataturk berada di ruang makam bawah tanah, dan di bagian atasnya diletakan sarkofagus seberat 40 ton. Langit-langit aula ini berbentuk piramida dan dihiasi dengan mosaik emas.

4. Taman Perdamaian (Peace Park)

Taman ini mengelilingi monumen dan dibuat guna mengenang kata-kata Ataturk “Damai di rumah, damai di dunia”. Di sana terdapat 50.000 tanaman hias dengan 104 jenis yang merupakan sumbangan dari 25 negara.

Mausoleum Ataturk juga menyimpan berbagai memorabilia hasil karya Ataturk, perpustakaan pribadi, sejumlah dokumen, koin, buku, dan mobil.

Grand Bazaar

Grand Bazaar adalah pasar terbesar dan tertua di dunia yang diramaikan oleh lebih dari 4.000 toko. Terletak di Istanbul, pasar yang menguasai 60 jalanan ini sehari-harinya dikunjungi oleh setidaknya 250.000 orang.

Pembangunan Grand Bazaar dimulai pada 1455 dan dibuka untuk umum sejak 1461. Perhiasan, rempah-rempah, karpet dan pecah belah merupakan barang dagangan yang paling populer di sana. Meskipun telah mengalami kerusakan akibat sepuluh kali kebakaran dan dua kali gempa bumi, pasar ini berhasil diselamatkan. Hingga kini terdapat dua mesjid, empat air mancur, sejumlah rumah makan dan kafe yang telah melengkapi fasilitas di pasar ini.

Selama berabad-abad para pengunjung Istanbul tidak pernah bosan meluangkan waktu ke pasar yang menyerupai kota di dalam kota ini. Suasana yang eksotis dan barang dagangan yang dijajakan di sana sangat memikat.

Bagaimana ? Asyik bukan ? Ayo beribadah Umroh bersama Saibah Plus berlibur ke Turki yang penuh Kenangan 


Leave a Reply

Pencarian

Artikel Terbaru

Umroh Sejarah 2016 – 2017

Umroh 
Sejarah 2016 2017

Umroh Arbain 16 Hari

Umroh Arbain

Umroh Dauroh Quran 2017

Umroh Dauroh Quran 2017

Jadwal Umroh 2016-2017

Umroh 
Semarang 2016-2017